Sabtu, 28 Januari 2012

Bruno Mars Artis Musik Digital Terlaris 2011PENYANYI Bruno Mars mendominasi tangga pengunduhan musik digital dengan dua single penjualan terlaris 2011. Lagu Mars, Just The Way You Are, menduduki peringkat satu, dengan penjualan 12,5 juta kopi di seluruh dunia tahun lalu.  Sedangkan, lagu Mars bertajuk Grenade menjadi penjualan digital terlaris kedua, dengan 10,2 juta digital kopi yang terjual.

Mars sendiri sebenarnya memiliki single yang lain, yaitu The Lazy Song. Namun, lagu ini hanya menduduki peringkat ke-10 dengan penjualan 6,5 juta kopi.

Penjualan terlaris berikutnya diraih LMFAO dengan lagu bertitel Party Rock Anthem, yang telah menjual 9,7 juta. Lalu, Adele, lewat Rolling In The Deep-nya, terjual 8,2 juta.

Angka penjualan ini dikeluarkan dalam laporan musik digital tahunan, yang diterbitkan Federasi Internasional Industri Phonographic (IFPI). Data ini juga menyebutklan bahwa para penikmat musik lebih banyak mengunduh musik digital dari yang sebelumnya, dengan pengunduh lagu single mencapai 11% dan pengunduh album album 24%.

Sebanyak 3,6 miliar unduhan telah dibayar di seluruh dunia pada tahun lalu.

Menurut IFPI, jumlah pengunduh yang membayar untuk mendaftar layanan musik digital mencapai 65% dari 13,4 juta.

Perusahaan rekaman meraup keuntungan 3,3 miliar pound (Rp46,5 triliun) dari penjualan musik digital. Namun, aksi pembajakan tetap menjadi masalah. Sebanyak 28% pengguna internet biasa mengakses layanan ilegal.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar